BELAJAR di RRI, Senin (27/09/21) pukul 13.00 WIB, dipandu oleh Bapak Ildi Kurniawan, M.Pd. Bapak Ildi merupakan salah satu instruktur yang mengajar secara aktif di UPT Bahasa Universitas Bengkulu sekaligus Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Bengkulu. Materi Belajar yang dibawakan oleh beliau adalah “Adjectives in English”.

Sebelum kita simak materi dari Sir Ildi, mari kita kenali dulu apa itu adjectives!

Adjective, atau kata sifat dalam bahasa Indonesia, merupakan bagian dari parts of speech yang sangat penting. Adjective biasanya digunakan untuk membatasi noun (kata benda) dan pronoun (kata ganti) yang bersifat umum. Pemakaian adjective dapat dicontohkan dengan frasa di bawah ini.

Car: umum
Black car: 
spesifik
Fancy black car: 
lebih spesifik
The fancy black sports car: 
sangat spesifik

Ketika seseorang menyebut car, kita belum tau seperti apa mobil yang dimaksud. Karena masih terlalu umum. Namun, dengan menambahkan adjectives seperti fancy, black, dan sports, mobil menjadi spesifik dan mudah dikenali. Dalam hal ini, semakin banyak adjective yang disematkan, semakin spesifik noun yang dimaksud. Adjective dipakai untuk memberikan batasan terhadap noun atau yang masih umum seperti ini.

Nah, teman-teman UPT Bahasa, sekarang mari kita simak penjelasan dari Sir Ildi, ya. Berikut cuplikan slidenya:

Bagi teman-teman yang ingin menonton penjelasan lengkapnya di YouTube, dapat menyalin tautan berikut di kolom pencarian: https://youtu.be/gktv2WQXWeA

 

 

Selamat belajar!