UNIT Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Bengkulu senantiasa mengupayakan agar mahasiswa Universitas Bengkulu menyukai dan menyadari pentingnya penguasaan Bahasa Inggris. Salah satunya dengan menggelar event Charity (Challenge Your Creativity) yang diwarnai dua ajang kompetisi, yaitu Essay Writing Competition dan English Video Competition.

Kegiatan yang dihelat sepanjang bulan Agustus 2021 ini merupakan perdana dilakukan UPT Bahasa UNIB dan ke depan akan terus ditingkatkan lagi. Event ini disambut antusias oleh puluhan mahasiswa. Meskipun dalam suasana Pandemi Covid-19, para peserta tampak semangat menunjukkan kreativitas masing-masing.

“Penguasaan dan penggunaan Bahasa Inggris itu penting di kalangan mahasiswa dan harus terus dibudayakan. Baik untuk mendukung studinya dimana test TOEFL sudah menjadi persyaratan wisuda, juga sebagai bekal untuk memudahkan mencari pekerjaan setelah tamat kuliah nanti,” ujar Kepala UPT Bahasa UNIB, Dr. Wisma Yunita, S.Pd, M.Pd pada acara penyerahan piagam dan penyerahan hadiah kompetisi Charity, di gedung UPT Bahasa, Senin (30/8/2021).

Wisma Yunita mengucapkan terimakasih kepada seluruh partisipan kompetisi ini dan mengucapkan selamat kepada para pemenang. “Ke depan akan kita upayakan event seperti ini lebih ditingkatkan lagi, bahkan bukan hanya untuk kalangan mahasiswa, tapi juga kalangan sisa tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), serta masyarakat umum,” ujarnya.

Peserta kompetisi penulisan Essay pada Charity UPT Bahasa tahun ini sebanyak 22 orang dari berbagai fakultas selingkung UNIB. Sementara untuk lomba pembuatan video berbahasa Inggris sebanyak 11 tim.

Setelah dilakukan penilaian oleh juri, Muhammad Andre Ramadhan dari Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNIB dinobatkan sebagai Juara 1 Essay Writing Competition, disusul Aldy Kembara dari Fakultas Teknik (FT) dan Novita Arifani Firdausa dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) sebagai Juara 2 dan Juara 3.

Untuk kategori pembuatan video Bahasa Inggris, Juara 1 diraih Iqbal Nurfansyah dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), disusul Resilient Team yang merupakan gabungan Mira Sintia Wahuni (Fakultas Teknik) dan M. Redho Tri Hazwindra (Fakultas Teknik) serta Begumratu Voca (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan) sebagai Juara 2. Lalu Juara 3 diraih Maiza Rachma Utari dari Fakultas Pertanian dan Pemenang Favorit diraih Creative Team yang merupakan gabungan tiga orang yaitu Hilwa Izza, Alya Afifah Izwandi dan Adwitya Widya Dhari semuanya dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Selain mendapatkan piagam, para pemenang lomba mendapatkan uang pembinaan dari UPT Bahasa UNIB. “Congratulation, semoga keberhasilan adik-adik pada event Charity kali ini menjadi motivasi untuk lebih berprestasi lagi ke depannya dan menjadi motivasi bagi teman-teman mahasiswa lainnya,” ujar Dr. Wisma Yunita. (Red: Humas Unib)