Setelah sukses mengadakan seminar daring tentang cara meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris pada bulan September lalu, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Bengkulu kembali sukses menggelar seminar daring. Kali ini tema yang digelar adalah tentang Praktik Pembelajaran BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) di tiga benua: Eropa, Asia dan Australia, pada Jumat 20 November 2020.

Seminar daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting ini dipandu oleh Kepala UPT Bahasa UNIB Dr. Wisma Yunita, M.Pd sebagai moderator dan Dosen FKIP UNIB Azhar Aziz Lubis, M.Pd sebagai Host serta dibantu oleh Dwi Bayu Saputra sebagai Narahubung. Pembukaan acara dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik UNIB Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D.

Kegiatan seminar daring ini kian menarik dan strategis karena menghadirkan para dosen dan Pengajar BIPA di luar negeri sebagai pemateri. Mereka adalah Assoc. Prof. Dr. Zifirdaus Adnan, seorang Pengajar BIPA di Universitas New England – Australia, Sonezza Laddyana, S.S, MA yang merupakan Dosen Universitas Andalas dan sebagai Pengajar BIPA di Universitas Busan dan Hankuk – Korea Selatan, serta Dr. Aria Septi Anggaira, M.Pd yang merupakan Dosen IAIN Metro – Lampung dan sebagai Pengajar BIPA di KBRI Helsinki – Finlandia.

Kepala UPT Bahasa, Dr. Wisma Yunita mengatakan, seminar daring ini merupakan salah satu upaya awal untuk mengenalkan BIPA di UNIB dan masyarakat luas. Meski langkah awal dan masih butuh banyak kerjasama pihak-pihak terkait, namun diharapkan kegiatan ini menjadi langkah yang menuju terwujudnya cita-cita besar yaitu menjadikan kampus UNIB sebagai tujuan kunjungan dharmasiswa oleh mahasiswa dari luar negeri.

Para peserta seminar ini juga berasal dari berbagai negara selain mahasiswa UNIB dan mahasiswa perguruan tinggi lain di Indonesia. Terdaftar jumlah peserta 352 orang yang merupakan mahasiswa di Indonesia, dari Yale University, Western Sydney University, Asutralia, University of Tsukuba, Jepang dan mahasiswa dari Thailand.