SEBAGAI bentuk upaya memotivasi para mahasiswa baru Universitas Bengkulu agar meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, dan bentuk dukungan UPT Bahasa terhadap implementasi Pasal 60 Peraturan Rektor UNIB Nomor 25 Tahun 2020 yang mewajibkan seluruh mahasiswa untuk memiliki skor TOEFL tertentu sebagai salah satu syarat wisuda, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Bengkulu menggelar seminar online pada Jum’at, 18 September 2020 dengan media video conference Zoom.

Kegiatan yang berlangsung selama dua jam ini dari pukul 14.00 WIB – 16.00 WIB ini mengangkat tema “How to Boost Your English For A Better Future” dan dibuka secara online oleh Wakil Rektor I UNIB Bidang Akademik Prof. Lizar Alfansi, SE, MBA, Ph.D.

Prof. Lizar Alfansi sekaligus menjadi pemateri pertama dengan judul materi “Why English is so Important in the Job Market?”. Beliau sangat mengapresiasi seminar online yang dilaksanakan UPT Bahasa mengingat semakin besarnya tuntutan perkembangan zaman dan persaingan dunia kerja semakin ketat, maka mahasiswa tidak cukup hanya menguasai ilmu sesuai bidang masing-masing, tapi juga harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang berkualitas.

Selanjutnya, Kepala UPT Bahasa UNIB, Dr. Wisma Yunita, M.Pd menjadi pembicara kedua dengan materi berjudul “10 Tips to Boost Your English”. Dr. Wisma Yunita, M.Pd menjelaskan 10 tips untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Ke 10 tips tersebut, yaitu sukai bahasanya, banyak membaca, dengarkan radio atau lagu Bahasa Inggris, banyak menonton film atau acara televisi berbahasa Inggris, harus sering menulis Bahasa Inggris, harus banyak berlatih berucap atau menggunakan Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari. Kemudian, bergabung dengan klub Inggris, sering mengikuti kompetisi Berbahasa Inggris, sering menjelajah internet, serta  mengikuti kursus Bahasa Inggris. Khusus untuk poin ke-10, UPT Bahasa sendiri menyediakan layanan kursus TOEFL dan English Conversation.

Dua pembicara terakhir, yaitu Edho A. Hakim dari Macquarie University – Australia dan Yurieke Nadiya Rahmat dari Victoria University of Wellington – New Zealand merupakan alumni dari Universitas Bengkulu.

Sebagai alumni Prodi Teknik Informatika UNIB, Edho A. Hakim, sangat senang dan bangga diundang sebagai pemateri pada seminar online ini. Dia pun menceritakan pengalaman dan mengakui bahwa dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris banyak sekali manfaat yang didapatkan.

Sejalan dengan pernyataan Edho, Yurieke Nadiya yang yang merupakan alumni Prodi Pendidikan bahasa Inggris UNIB mengungkapkan bahwa dengan memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dapat mewujudkan mimpi dan meraih masa depan yang lebih baik karena mampu berkomunikasi menggunakan bahasa internasional ini.