Salah satu tolak ukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dapat dilihat dari hasil TOEFL (Test of English as a Foreign Language). TOEFL adalah ujian yang mengevaluasi potensi seseorang mengerti dan menggunakan Bahasa Inggris dimana TOEFL adalah tes kemampuan bahasa Inggris bagi penutur asing (non-bahasa Inggris) yang sertifikatnya diakui di berbagai negara. Selain itu, TOEFL juga menjadi syarat untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta untuk pendaftaran beasiswa ke luar negeri terutama ke negara-negara yang menuturkan bahasa Inggris atau biasa disebut dengan English speaking countries.

Di Universitas Bengkulu, TOEFL menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa, sehingga para mahasiswa wajib mengikuti tes TOEFL wisudawan. Dalam satu tahun, Universitas Bengkulu melaksanakan 3 kali upacara wisuda, yaitu di bulan April, Agustus, dan Desember. Dengan demikian, tes TOEFL wisudawan juga dilaksanakan 3 kali dengan jadwal sesuai dengan kalender akademik, yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November.

Sepanjang tahun 2019, secara berurutan jumlah peserta yang mengikuti tes TOEFL wisudawan periode April, Agustus, dan Desember adalah  684 orang, 1660 orang, dan 913 orang. Dengan jumlah peserta per periode yang cukup banyak, UPT Bahasa mampu melaksanakan tes secara kondusif dengan pembagian jadwal yang efektif. Jadwal tes dibagi menjadi 3 sesi dalam sehari, dimulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Di tahun 2020 mendatang, pelaksanaan akan tetap dilaksanakan dengan jadwal yang sama sesuai kalender akademik UNIB. Pengumuman terkait waktu pendaftaraan serta syarat-syarat yang perlu dipersiapkan akan ditayangkan di laman UPT Bahasa.