English Proficiency Test dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan bahasa Inggris para mahasiswa baru. Dengan mengetahui kemampuan mahasiswa dalam berbahasa Inggris, proses pembelajaran  akan lebih efektif dan efisien karena instruktur dapat menyesuaikan materi pembelajaran, aktivitas, dan tugas-tugas tepat sesuai dengan kemampuan mahasiswa. Atas dasar inilah, maka English Proficiency Test menjadi upaya yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa dan harus dilaksanakan.

Pelaksanaan English Proficiency Test mahasiswa baru tahun 2019 yang dilaksanakan UPT Bahasa tergolong sukses. Kegiatan ini berlangsung dua hari, Kamis dan Jumat, tanggal 8 – 9 Agustus 2019, di gedung UPT Bahasa dan Gedung I.

Kepala UPT Bahasa UNIB, ibu Indah Damayanti, S.S., M.R.S didampingi Kasubbag Tata Usaha, bapak Surahman, SE, menjelaskan bahwa tes ini diikuti 4000-an mahasiswa baru yang diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).