Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang dipakai dalam semua bidang seperti dalam pendidikan, perdagangan, politik, kebudayaan, ilmu pengetahuan, diplomasi, penerbangan, informs, atau pun bidang-bidang yang lain. Oleh sebab itu orang (pribadi), institusi atau perusahaan yang ingin maju harus memiliki SDM yang terampil tidak hanya dalam bidangnya namun juga dalam kemampuan berbahasa Inggris baik lisan maupun tertulis, serta menguasai informasi.

Namun, setelah ribuan jam belajar bahasa Inggris, kenapa kita masih saja merasa sangat sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris? Padahal, kalau mendengar percakapan bahasa Inggris di tempat umum atau mungkin di televisi kita mengerti.

Hal ini adalah hal yang sangat wajar. Kemampuan untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris perlu dilatih secara rutin dan memang sedikit lebih menantang dibandingkan dengan kemampuan lainnya seperti mendengar atau menulis. Ketika kita bercakap-cakap, kita tak memiliki referensi dari kamus ataupun dari catatan, melainkan semuanya diambil langsung dari pemikiran dan langsung diujarkan. Oleh sebab itu, perlu latihan secara rutin untuk membiasakan pemikiran kita untuk mengujarkan kata-kata dalam bahasa Inggris. Jika kita tak terbiasa untuk berpikir dalam bahasa Inggris, maka kita pun seringkali merasa sulit untuk bercakap-cakap dalam bahasa Inggris walaupun kita tahu banyak sekali kosa-kata bahasa Inggris.

UPT Bahasa Universitas Bengkulu menyediakan fasilitas belajar untuk English Conversation. Program ini dirancang untuk mengembangkan kemampuan peserta dalam berkomunikasi secara lisan menggunakan Bahasa Inggris sesuai kebutuhan. Saat ini UPT Bahasa sedang menjalankan kelas kursus English Conversation for S1 Students dan kelas private English Conversation for Human-Relation Staffs. Bagi kelas kursus S1 peserta terdiri dari 20 orang dengan materi yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan kehidupan kampus. Sedangkan kelas staff Humas terdiri dari 7 orang. Materi untuk kelas Humas ini dirancang dan disusun untuk memenuhi kebutuhan penguasaan bahasa Inggris bagi para karyawan di bagian pelayanan dan hubungan dengan publik. Di dalam modul dilengkapi dengan:
– Kosakata bisnis yang lengkap
– Grammar dan dialog praktis
– Dilengkapi latihan-latihan yang applicable

Kelas kusus HUMAS akan berakhir pada 12 Mei 2017, diakhiri dengan Final Test dalam bentuk Speaking. Sedangkan Kelas kursus S1 akan berakhir pada pertengahan Juni.

Sebenarnya, kita dapat melatih percakapan bahasa Inggris dengan percakapan tentang hal-hal sederhana yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari seperti cuaca, film favorit, sahabat dekat, dsb. topik-topik umum sederhana seperti itu dapat diceritakan dengan menggunakan tata bahasa present tense yang biasanya lebih mudah dan juga kosa-kata yang umumnya kita tahu. Jangan takut untuk mencoba topik-topik lainnya terutama jika topik itu merupakan hobi atau kesukaan.

Namun, akan lebih menyenangkan jika kita berlatih dalam suatu kelompok agar dapat bertukar cerita. Jadi tunggu apalagi, langsung aja gabung di kelas English Conversation di UPT Bahasa!